Pentingnya Jendela di Dapur

oleh: Indra Zaka Permana

Pentingnya Jendela di Dapur

Aliran udara dan cahaya adalah unsur penting yang membuat dapur jadi nyaman. Maka, keberadaan jendela di dapur menjadi penting.

Memasak memang mengasyikkan. Kita bahkan bisa lupa waktu saat memasak masakan kegemaran. Namun apa jadinya jika aktivitas ini justru membahayakan kesehatan? Oksigen yang terbakar oleh api kompor tak tergantikan oleh aliran udara baru, hingga ruangan jadi sumpek.

Untuk itulah, adanya jendela mengurangi buruknya kualitas udara di dapur. Selain udara, jendela pun meneruskan cahaya yang bisa menerangi dapur dan mencegah udara di dapur jadi lembap. Kelembapan udara bisa menumbuhkan organisme yang  merugikan di dapur.

Jendela di dapur bisa Anda letakkan di area dapur yang lebih lembap, yaitu di area cuci. Ukuran jendela bisa disesuaikan dengan lebar area mencuci. Anda bisa menempatkan jendela berkaca mati, tanpa engsel, namun sebaiknya tetap memiliki lubang udara yang meneruskan aliran udara dari luar ruangan.

Lubang udara di bagian atas bermanfaat untuk mengeluarkan udara panas yang mengalir  ke bagian atas.  Jangan lupa untuk selalu membersihkan jendela dalam kurun waktu maksimal 3 bulan sekali. Hal ini harus dilakukan karena seringkali uap minyak menempel di lubang dan merusak kusen jendela.

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s