Dapur Higienis, Nyaman untuk Berakhir Pekan

oleh: Indra Zaka Permana

Dapur Higienis, Nyaman untuk Berakhir Pekan

Dapur bersih bisa menjadi tempat yang nyaman  untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Ruang yang efisien dan desain yang serba bersih adalah kuncinya.

Aktivitas memasak tak hanya berkutat dalam hal urusan mengolah sayur dan daging jadi  masakan.  Berinteraksi dengan bahan masakan, ialat masak, bahkan dengan kerabat adalah sebuah seni tersendiri. Itulah yang dirasakan pasangan suami istri Kiki Asrina dan Rasyid Nauval. Dapurnya adalah tempat terpenting di akhir pekan. Kiki gemar memasak disaat libur tiba, mengolah dan menyajikan masakan favorit berupa balado ikan selar dan sayur asem.

Dapur terlihat rapi, dengan kabinet yang serba tertutup dan dibungkus finishing High Pressure Laminate ( HPL). Tiga buah lampu menggantung di atas area sarapan. Area sarapan yang cukup lega untuk bisa digunakan dua orang bahkan bisa ditambah satu anak .

Kiki dan Rasyid mengutak-atik sendiri konsep dapur dan penempatannya.  Desain dan pengerjaannya dipercayakan ke Mustikaningrum, desainer dari K.ya Design, konsultan interior yang banyak mengerjakan proyek-proyek hunian dan perkantoran. Dapur diletakkan di area belakang agar di area depan  dapur bisa dipergunakan sebagai ruang makan. Dapur ini memang jarang digunakan, namun penting keberadaannya, karena memasak adalah aktivitas yang paling menyenangkan bagi kiki untuk dilakukan di akhir pekan.

Dapur dibuat sehigienis mungkin, dengan mengurangi resiko menempelnya debu di area dapur. “Kabinet sengaja saya buat tinggi hingga plafon, agar terlihat lebih clean dan debu tak bersarang di sisi atas kabinet.  Biasanya kan kabinet atas  tak setinggi ini, tapi justru ini yang saya inginkan,” ujar Kiki menjelaskan desain kabinet tinggi hingga menempel di plafon.

Foto: iDEA/ Richard Salampessy&Aisah Puji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s