Yuk, Buat Tangga “Melayang”

oleh: Indra Zaka Permana

Yuk, Buat Tangga “Melayang”

Tipis, ringan, dan kokoh, itulah kesan yang muncul. Selain itu, ruang di bawah tangga bisa dimaksimalkan menjadi ruang alternatif untuk penyimpanan barang.

Seringkali kita malas untuk naik tangga. Undakan-undakan tangga yang terlihat berat dan tebal menguatkan sugesti kita akan beban yang harus ditanggung badan saat naik tangga. Lama-lama, ketidaknyamanan muncul dan membuat kita tak nyaman tinggal di rumah. Ternyata, sugesti ini bisa lho dihilangkan dengan solusi desain. Salah satunya dengan desain tangga “melayang”.

Apa sih kuncinya agar tangga bisa di desain seolah melayang? Faizal Syamsalam, arsitek dari Y+d , mengatakan, tangga bisa menempel kokoh pada dinding dengan struktur beton dan baja yang tertanam pada dinding. Anak tangga bisa berbentuk bilah papan yang seolah tertancap, padahal di dalamnya ada besi yang terhubung langsung dengan struktur beton di dalam dinding.

tangga2

Desain tangga yang seolah melayang, adalah solusi jitu untuk membuat mobilitas dirumah tetap dijalankan dengan nyaman. Setiap tapak tak lagi jadi beban, karena tangga dengan kesan melayang memberikan sensasi “melayang” , secara tak langsung menghilangkan sugesti kita pada tangga yang terkesan berat.

Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s