Atap Carport Berlubang Biaskan Cahaya

oleh: Indra Zaka Permana

Atap Carport Berlubang  Biaskan Cahaya

Saat siang maupun malam, atap carport tetap terang. Lubang di atap carport meneruskan cahaya matahari di siang hari, dan bercahaya pada malam hari. Keren!

Memilih desain atap carport seringkali memusingkan. Tak hanya harus memilih bentuk, tapi fungsinya pun harus menjadi perhatian. Bentuk yang keren tak menjamin carport aman dari tempias air. Kadang, saat carport diberi atap, ruang dibawahnya menjadi gelap.

Masalah bentuk dan fungsi ini dipecahkan oleh Rivera Sampaga dan Imam Nugroho, arsitek dari R&N Architect. Mereka mendesain sebuah atap carport unik yang bentuknya elok dipandang, dan tak membuat ruang jadi gelap. “Carport ini menyesuaikan dengan bentuk rumah yang minimalis,” ujar Imam.

Struktur utama atap carport ini adalah baja kanal I, dan ditutup kaca di bagian atas. Sedangkan bagian bawah “dibungkus” oleh papan gipsum. Rivera dan Imam menempatkan lubang-lubang di tengah-tengah atap untuk meneruskan cahaya matahari. Di antara lubang tersebut, ditempatkan titik lampu yang bisa menyala di malam hari.  Bentuk simpel, fungsi maksimal!

Foto: iDEA/Indra Zaka Permana

Lokasi: Kediaman Mohammad Ichsan, Pondok Indah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s