Sungai Mini di Halaman Rumah

oleh: Lukkie Putranto

Sungai Mini di Halaman Rumah

Yuk bikin “sungai” di taman belakang rumah Anda.

Kolam dengan tanaman air itu biasa, tanaman ditata di pinggir kolam juga sudah biasa. Walaupun begitu, memanfaatkan kombinasi air dan taman tetap menjadi solusi yang efisien untuk menghadirkan suasana segar. Rasanya akan lebih seru jika Anda bisa menciptakan sebuah aliran di taman belakang rumah Anda, seperti sebuah aliran sungai kecil yang mengalir dan menghasilkan gemiricik air.

Sungai mini bisa hadir hanya dengan lahan yang tidak terlalu besar di rumah. Anda pun bisa menciptakan sebuah sumber mata air yang dapat mengalir tiada henti dan menyatu dengan bebatuan yang terhampar di taman anda.

Konsep menciptakan sungai ini bisa Anda namakan river pond . Berbeda dengan kebanyakan water pond , konsep river pond membiarkan air membasahi bidang kolam dan bebatuan yang memagarinya. Air tidak dibendung, hanya diberi cekungan dari tatanan batu-batu yang ada, benar-benar menyerupai sungai alami.

Mata air buatan dapat diciptakan dengan perpaduan pipa saluran air yang berbahan bambu, selain berserat alami, material bambu cukup kuat untuk menahan aliran air yang mengalir terus menerus dan memberikan suara gemricik air yang lebih renyah dibandingkan dengan pipa besi ataupun pipa PVC.

Foto: iDEA/Lukkie Putranto

Lokasi: Pejaten, Jakarta

Desain: Hagani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s