Pernak Pernik Etnik yang Unik

oleh: Devi F. Yuliwardhani

Aksesori dari NTB

Pernak pernik etnik dapat menjadi hiasan yang indah di dalam ruangan. Desain, warna dan motifnya memberi citarasa Indonesia.

Sungguh banyak pernak pernik bergaya etnik dari Indonesia. Setiap wujudnya memiliki ciri khas masing-masing. Baik dari desain, warna, dan penampilan.

Kita ambil contoh dua aksesori dari Nusa Tenggara Barat dan Surabaya. Keduanya memiliki sosok yang berbeda.

Pernak-pernik etnik dari Nusa Tenggara Barat. Ciri khasnya terlihat dari motif yang dilukiskan di atas kayu. Kayu yang digunakan kayu mahoni dan kayu kemiri. Rotan yang ringan, kuat dan mudah dibentuk juga digunakan untuk membuat bentuk-bentuk yang lebih luwes. Pernak-pernik ini semakin cantik ketika dipadukan dengan potongan kulit kerang yang ditata dengan unik. Kesan etnik dan “kampung” dapat hadir ke dalam rumah Anda dengan pajangan menarik ini.

Tempurung kelapa yang cantik

aksesori-tr1

Bagaimana yang dari Surabaya. Kreatifitas pengrajin dari daerah Surabaya dalam mengolah tempurung kelapa patut diacungi jempol. Bahan sisa yang semula tidak memiliki kegunaan bisa menjadi lebih bernilai berkat kreatifitas dari pengrajin.

Pengrajin juga mengekspos warna alami dari bahan tempurung kelapa. Tempurung kelapa yang masih muda menghasilkan warna yang terang. Sedangkan tempurung kelapa yang tua menghasilkan warna yang lebih gelap. Kerajinan dari tempurung kelapa ini mematok harga yang lebih murah dibandingkan dari bahan kayu jati karena memakai kayu olahan plywood .

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s