Bangunan Minimalis

Mengapa orang membuat desain rumah minimalis? bila itu tren, apa salah kita mengikutinya. Saya berikan perumpamaan bagi yang berminat ingin membangun rumah minimalis. Seperti orang yang ingin berlibur dan sedang berdiri di depan loket penjualan tiket. Boleh jadi Anda yang memiliki rumah, dan penjual tiket hanyalah pelaksana. Anda berkata, “Saya mau pergi berlibur, pokoknya tempat yang paling laku” – penjual tiket memberikan Bali. Dengan bayangan tentang berlibur Anda berangkat ke Bali. Lho kok pantai? Bayangan Anda berlibur itu adalah dingin, berkabut, makan sate kelinci dan jagung bakar.

Jadi apa pelajaran yang Anda miliki? Salah jurusan bila tidak tahu apa yang Anda mau. Saya akan mencoba untuk memberikan gambaran tentang rumah minimalis. Tidak lengkap namun cukup untuk membuat Anda tahu sebelum memutuskan membangun rumah minimalis.

Langgam Desain Minimalis
Untuk mengerti suatu hal perlu melihat akar atau asal langgam minimalis. Minimalis merupakan gerakan di bidang seni atau desain. Ciri desain minimalis adalah menampilkan elemen yang seperlunya saja. Dalam bidang arsitektur gerakan ini berakar pada langgam modern dan merupakan transisi ke langgam post-modern.

Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh budaya dan arsitektur tradisional Jepang. Ingat moto arsitektur Less is more – Ludwig Mies van der Rohe yang menampilkan struktur elegan dan sederhana pada karya bangunan pameran temporer, German Pavillion, Barcelona. Sejujurnya bangunan tersebut termasuk langgam Internasional.

Ciri desain minimalis adalah:

Sambungan bidang yang sempurna, pertemuan dinding dan atap memerlukan penanganan yang rapi. Mungkin ini yang menjadi pertimbangan biaya desain minimalis mahal.
Penampilan struktur yang elegan, konstruktsi struktural tersusun sederhana dan lugas tanpa kamuflase elemen arsitektur.
Penggunaan cahaya, sebagai elemen yang mampu memberikan efek dramatis. Permainan cahaya buatan atau alami menghasilkan efek kedalaman ruang.
Atap datar, atau nyaris datar untuk bangunan di iklim tropis.
Ruang terbuka dan jendela yang lebar, ruang terbuka bermanfaat untuk mengimbangi masa bangunan, sedangkan jendela memberikan pandangan ke luar lebih leluasa.
Open space, menghilangkan material dinding – contoh dapur dan ruang makan dalam satu ruang.

by : http://c.sutanto.or.id/desain/bangunan-minimalis-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s