KREASI OLAHAN PERMEN KINANG PENGUAT GIGI

Latar Belakang

Budidaya menginang atau mengunyah campuran sirih, kapur, gambir, bunga, dan tembakau yang dibungkus dalam daun pisang berbentuk kerucut telah hilang ditelan jaman. Warna merah seperti darah yang dihasilkan dari hasil kunyahan kinang tersebut membuat remaja dan anak-anak merasa jijik dan ketinggalan jaman. Padahal tersimpan banyak khasiat dan manfaat dari kinang tersebut. Manfaat dari kinang antara lain mencegah kerusakan pada gigi, mencegah pembekakan gusi, mencegah pendarahan geraham, dan menghilangkan bau mulut.

Para remaja dan anak-anak lebih memilih permen sebagai kunyahan, menghilangkan kejenuhan, ataupun untuk meningkatkan konsentrasi. Permen juga dipilih dengan alasan lebih praktis daripada mengunyah kinang. Padahal permen yang beredar di pasaran harus diwaspadai kehalalannya, misalnya banyak permen yang menggunakan campuran gelatin. Karena gelatin ternyata memiliki kekenyalan yang khas. Tidak heran jika kemudian gelatin lebih disukai oleh produsen sebagai bahan campuran produknya. Sayangnya, sebagian besar gelatin merupakan produk turunan dari hewan, terutama babi. Selain kekenyalan yang khas, gelatin dari babi juga dianggap lebih murah dibandingkan bahan lainnya. Namun belakangan gelatin dari sapi pun sudah mulai dibuat. Namun kehalalnya juga masih harus terus dipantau. Apalagi pewarna yang ada dalam komposisi permen harus lebih diwaspadai.

Dari problematika dan manfaat bahan diatas penulis ingin membuat alternatif olahan makanan untuk menggabungkan kedua olahan makanan diatas, yaitu permen dan kinang. Dengan cara menguatkan manfaat yang tersimpan pada komposisi bahan tersebut dan menselaraskan produk dengan perkembangan jaman. Melalui program kreatifitas mahasiswa ini penulis ingin membuat olahan permen dengan bahan kinang yang dihaluskan, namun dengan menghilangkan bahan tembakau yang terdapat pada komposisi kinang.


Rumusan Masalah

Mengacu pada uraian latar belakang di atas, maka rumusan pokok permasalahan program kreativitas mahasiswa dijabarkan sebagai berikut:

  1. Bagaimana mengolah dan mengembangkan usaha permen dari bahan dasar kinang agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masyarakat?
  2. Bagaimana strategi pemasaran dan cara memperoleh keuntungan yang berkelanjutan dalam usaha permen dari bahan dasar kinang?
  3. Apa dampak ekonomis yang timbul dengan adanya pengolahan permen dari bahan dasar kinang?

Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari program kreativitas mahasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui pengolahan dan pengembangan permen dari bahan dasar kinang agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masyarakat.
  2. Untuk mengetahui strategi pemasaran dan cara memperoleh keuntungan yang berkelanjutan pada usaha pengolahan permen dari bahan dasar kinang.
  3. Untuk mengetahui dampak ekonomis yang timbul dengan adanya pengolahan permen dari bahan dasar kinang.

Luaran Yang Diharapkan

Adapun luaran yang diharapkan dari program kreativitas mehasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Terciptanya produk permen dari bahan dasar kinang yang memiliki nilai jual lebih tinggi di masyarakat.
  2. Terjadinya hubungan kemitraan dengan para produsen tahu dengan perusahaan pengolahan permen dari bahan dasar kinang.
  3. Permen dari bahan dasar kinang bisa diekspor ke luar negeri.


Kegunaan

Manfaat yang akan diperoleh dengan adanya usaha ini dilihat dari sisi ekonomi adalah dapat mendatangkan profit dari penjualan produk, selain itu juga untuk dapat meningkatkan nilai jual kinang. Dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat yang dapat diperoleh dari usaha ini adalah kinang yang hanya dinikmati orang yang sudah tua, melalui rekayasa produk bisa dinikmati semuan kalangan. Dari segi kesehatan, manfaat yang dapat diperoleh dari usaha ini adalah mencegah kerusakan pada gigi, mencegah pembekakan gusi, mencegah pendarahan geraham, dan menghilangkan bau mulut yang merupakan khasiat yang tersimpan pada kandungan kinang.

Komposisi Bahan dan Cara Pembuatan

Adapun komposisi bahan dan cara pembuatan sebagai berikut :

Komposisi :

250 gr gula pasir

250 gr glukosa

30 gr margarin

40 gr kinang yang dihaluskan

10 gr pengering permen

Cara pembuatan :

–          Gula dan margarin dicampur dan dimasak di atas api hingga mengental.

–          Glukosa, kinang, dan pengering ditambahkan dan masak menggunakan api kecil sambil perlahan-lahan dan konstan hingga adonan berwarna yang diinginkan.

–          Untuk mengetahui kematangan dari permen, ambil sedikit adonan lalu tuangkan ke dalam gelas yang berisi air dingin (bukan air es). Apabila membentuk gumpalan utuh dalam air dan berarti adonan telah matang.

–          Adonan dicetak pada cetakan permen, kemudian dinginkan pada suhu ruangan hingga mengeras dan dapat dikeluarkan dari cetakan tersebut.

One thought on “KREASI OLAHAN PERMEN KINANG PENGUAT GIGI

  1. pengering permen itu apa/ terbuat dari apa? dimana kita bisa mendapatkannya? Sekitar berapa harga per kg nya? terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s